SKM TAHUN 2025 TRIWULAN 1

  • Periode: 01 Mar 2025 - 15 Mar 2025
  • Total Responden: 130
Total Response

130

Rata-rata Rating

3.14

IKM

78.50

Mutu: B (Baik)
Persentase Kepuasan

85.64%

Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM)

Berdasarkan hasil analisa Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) dengan total 130 responden, diperoleh Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebesar 78.50 yang termasuk dalam kategori Baik (Range: 76,61 – 88,30). Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan berada pada tingkat baik sesuai dengan standar PermenPANRB Nomor 14 Tahun 2017.

Analisa Per Pertanyaan

No Pertanyaan Rata-rata Distribusi
1 Bagaimana pendapat Saudara tentang kesesuaian persyaratan pelayanan dengan jenis pelayanannya? 3.28
1: 0 2: 6 3: 81 4: 43
2 Bagaimana pemahaman Saudara tentang kemudahan prosedur pelayanan di unit ini? 3.13
1: 0 2: 14 3: 85 4: 31
3 Bagaimana pendapat Saudara tentang kecepatan waktu dalam memberikan pelayanan? 3.01
1: 0 2: 27 3: 75 4: 28
4 Bagaimana pendapat Saudara tentang kewajaran biaya/tarif dalam pelayanan? 3.79
1: 0 2: 3 3: 21 4: 106
5 Bagaimana pendapat Saudara tentang kesesuaian produk pelayanan antara yang tercantum dalam standar pelayanan dengan hasil yang diberikan? 3.25
1: 0 2: 5 3: 87 4: 38
6 Bagaimana pendapat Saudara tentang kompetensi/kemampuan petugas dalam pelayanan? 3.25
1: 0 2: 4 3: 89 4: 37
7 Bagaimana pendapat saudara perilaku petugas dalam pelayanan terkait kesopanan dan keramahan? 3.02
1: 0 2: 18 3: 92 4: 20
8 Bagaimana pendapat Saudara tentang Penanganan Pengaduan, saran dan masukan? 2.66
1: 0 2: 55 3: 64 4: 11
9 Bagaimana pendapat Saudara tentang sarana dan prasarana pelayanan? 2.83
1: 0 2: 36 3: 80 4: 14

Visualisasi Rata-rata Rating Per Unsur Pelayanan

Analisa Karakteristik Responden

Jenis Kelamin

Berdasarkan analisa karakteristik responden berdasarkan jenis kelamin, survei ini diikuti oleh 55 responden laki-laki (42.31%) dan 75 responden perempuan (57.69%). Responden dengan jenis kelamin Perempuan mendominasi partisipasi survei ini, yang menunjukkan bahwa kelompok ini lebih aktif dalam memberikan feedback terhadap pelayanan yang diterima.

Kelompok Usia

Analisa berdasarkan kelompok usia menunjukkan bahwa responden dengan kelompok usia 36-45 tahun merupakan kelompok yang paling dominan dengan jumlah 39 responden (30.00%). Sebagian besar responden (75.38%) berada pada usia produktif (26-55 tahun), yang menunjukkan bahwa survei ini mewakili persepsi kelompok usia yang aktif menggunakan layanan publik. Hal ini penting untuk memahami kebutuhan dan harapan pelayanan dari berbagai segmen usia masyarakat.

Pendidikan

Berdasarkan tingkat pendidikan, responden dengan pendidikan S1 mendominasi partisipasi survei dengan jumlah 38 responden (29.23%). Distribusi tingkat pendidikan responden menunjukkan variasi yang mencerminkan kondisi masyarakat, mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. Hal ini penting untuk memastikan bahwa survei dapat mewakili berbagai tingkat pemahaman dan harapan masyarakat terhadap pelayanan publik yang diberikan.

Pekerjaan

Analisa berdasarkan pekerjaan menunjukkan bahwa responden dengan pekerjaan Petani Pekebun merupakan kelompok terbesar dengan jumlah 43 responden (33.08%). Responden dari kalangan PNS berjumlah 28 orang (21.54%), Variasi pekerjaan responden menunjukkan bahwa survei ini dapat mewakili berbagai profesi dan latar belakang pekerjaan masyarakat, yang penting untuk mendapatkan persepsi yang komprehensif terhadap pelayanan publik dari berbagai segmen pekerjaan.

Jenis Layanan yang Diakses

Berdasarkan jenis layanan yang diakses, layanan KK merupakan layanan yang paling banyak digunakan dengan 68 pengguna (33.17%). Layanan KTP-el digunakan oleh 66 responden, sementara layanan Kartu Keluarga (KK) digunakan oleh 68 responden. Total penggunaan layanan mencapai 205 kali, yang menunjukkan bahwa sebagian responden mengakses lebih dari satu jenis layanan. Distribusi jenis layanan yang diakses menunjukkan variasi kebutuhan masyarakat terhadap layanan administrasi kependudukan, yang penting untuk memahami fokus perbaikan pelayanan berdasarkan jenis layanan yang paling banyak digunakan.